Tuesday, 24 November 2009

Pendengkur Rawan Stroke

—Mendengkur merupakan kelainan yang dimiliki oleh sebagian orang karena ada gangguan disaluran pernafasan ketika sedang tidur pada posisi terlentang. Biasaya bila posisi tidur tersebut diubah menjadi miring atau tengkurap, efek mendengkur menjadi melemah bahkan tidak mendengkur lagi.

—Nah, adakah bahayanya tidur mendengkur? Disamping sisi negatif, yakni mendengkur menganggu partner tidur atau mereka yang kebetulan tidur berdekatan dan belum terbiasa dengan suara dengkuran seperti itu.

—Sebuah hasil riset yang tergolong cukup mutakhir berhasil menunjukkan bahaya mendengkur bagi si-penderita kelainan tersebut, yaitu mendengkur teryata menganggu lalu lintas pernafasan. Pernafaan biasanya cepat dan pendek ketika orang mendengkur. Bahkan terkadang nafas berhenti beberapa detik. Nah, ketika berhenti itulah aliran oxygen ke otak menjadi tertahan. Kemudian terganggunya supply oxygen ke otak dalam waktu lama bisa menyebabkan penggumpalan darah di otak atau dikeal dengan istilah medis stroke ischemi. Pendeknya mendengkur meningkatkan resiko serangan stroke.

—Karenanya, carilah pasangan yang tidak mendengkur ketika tidur, he…he...he…selain tidak terganggu ketika tidur bersamanya, kalian juga tidak perlu was-was akan bahaya tersebut diatas. Bijaksanakah sikap terebut, kalian bisa menilai sendiri kawan!

—Note: disarikan dari beberapa sumber terpercaya

1 comment:

  1. WAH KASIHAN KAKEKKU, DIA KEBETULAN JUGA PENDENGKUR YANG PATUT DISEGANI HEHHEHH...KARENA SUDAH PULUHAN TAHUN TIDUR SELALU MENDENGKUR....

    ReplyDelete