Saturday 28 November 2009

Kaitan Stroke dengan Sakit Gusi

—Perhatikan Kesehatan Gusi Anda, Karena Stroke dan Jantung bisa Mengancam! Ada kaitan langsung antara penyakit gusi dengan serangan stroke ataupun jantung. Begitulah hasil kesimpulan penelitian yang pernah dilakukan oleh tim ahli dari Universitas Columbia beberapa waktu yang lalu.

—Temuan mereka menjelaskan betapa penting perawatan gusi dengan cara rajin menggosok gigi dan mengkonsumsi makanan berfitamin C untuk menjamin kesehatan gusi dan gigi. Mengapa? Telah terungkap dari hasil penelitian tersebut bahwa mereka yang sering menderita penyakit gusi akan mudah mengalami aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang memungkinkan terjadinya serangan jantung fatal ataupun pecahnya pembuluh darah di otak yang dikenal sebagai serangan stroke.

—Kenapa demikian? Hasil pengamatan mereka pada 657 mulut relawan memberikan kesimpulan bahwa orang yang menderita penyakit gusi memiliki populasi bakteri di mulut jauh lebih banyak dan juga kerap mengalami penebalan pembuluh darah yang meninggalkan jantung menuju ke otak sehingga meningkatkan resiko serangan stroke tersebut.

—Lebih jauh lagi, mereka menduga bakteri yang ada dimulut ikut masuk ke aliran darah melalui pembuluh darah yang terbuka pada gusi yang sakit, dan kemudian bakteri-bakteri tersebut menyebabkan terjadinya peradangan pada pembuluh darah sehingga terjadi penyumbatan. Sehingga serangan jantung dan stroke mudah sekali terjadi.

—Begitu kawan-kawan nukilan yang bisa aku persembahkan untuk menyemarakkan dunia FS kita, semoga bisa meningkatkan kepedulian kita akan pentingnya memperhatikan kesehatan kita sendiri. Kesehatan adalah anugerah bukti cinta kasih Tuhan yang tidak serta-merta diberikan kepada kita, kecuali kita telah berusaha mengupayakannya.

Note: Disarikan dari beberapa sumber

No comments:

Post a Comment